Friday, May 6, 2011

Manajemen Waktu: caraku membagi 24 jam


Alhamdulillah, Allah itu Maha Baik... 24 jam lhooo kita dikasih tiap harinya... Free!! gak pake terms and conditions... Ibarat kata, Allah nyodorin sambil ngomong: "Tuh ambil 24 jam... mau diapain terserah... yang untung atau rugi, elu elu juga.." Eh, jangan nyari di hadits ya... itu cuman dalam bayangan aku doang...

Naaah... 24 jam... dipake buat apa aja ya?

Buat orang kantoran udah keliatan lah yaaa... 8-10 jam ada di dalem kantor. Berkarya demi gaji bulanan (yang statis itu tuuuh hehehehe)... perjalanan, rata-rata yaaa dengan macet, neduh karena kehujanan, kereta telat, busway penuh dll, kurang lebih 4 jam buat pulang pergi. Kalo gak nambah makan malam di luar sama client, atau ama temen2, berarti hanya untuk urusan nyari duit bulanan aja, akan butuh 14 jam. Ok fine... masih ada 10 jam.

Untuk "me-time" yang rutin... mandi, sarapan, baca koran, ibadah, nonton TV, main MafiaWars, nemenin anak bikin PR dll, maybe... 3 jam? eh masih ada 7 jam lhoo. Cukup ya buat istirahat? Maybe kurang, tapi ya emang tinggal segitu... mau minta lagi ama Allah? Atau mau tuker tambah ama temen? Mana ada yang rela??

Keder gak liat "me-time" ama "ngejar-gaji-time"... bedanya banyak ya booow!! ngejar quality time di wiken? sah-sah aja... tapi biasanya buat yang kerja, pengennya minggu itu tidoooor aja... biar senen seger... Duuuh segitu capeknya ya badan kita... kesian gak sih??

Kalo aku?

Yah maap maap aja, karena kantorku di rumah ya selagi para pekerja kantoran siap-siap untuk berangkat, aku sih menyibukkan diri buat suami dan anak-anak. Kalo semua sudah pergi., baru deh aku nyarap sambil buka email, buka FB dan buka web oriflame untuk cek bonusku per hari itu.

Kadang-kadang kalo lagi nakal, aku main sebentar di FB atau shopping online di multiply. Yah mumpung 'boss' aku masih berada dalam pengawasan gurunya hehehehe...

Nanti kalo para boss kecil udah pulang, naaah aku harus kerja kreatif nih... gimana caranya membuat mereka happy dengan bermain bersama, tidur bersama atau dongeng bersama. Maksudnya, kalo mereka udah gede, biar inget waktu-waktu asik yang dilalui bersama mamahnya... Walaupun gak bisa senantiasa aplot foto-foto masa kejayaan ini, insya Allah memorinya akan permanen di otak dan hati mereka... Amiiin...

Trus, kalo aku gak ketiduran ama mereka, aku kerja cerdas lagi deh... chatting ama temen-temen jaringan, terutama mereka yang cuman bisa chatting saat jam makan siang, jawab-jawab pertanyaan prospek, bikin challenge asik buat personal group... atau kalau aku bandel lagi, aku duduk di teras, nungguin tukang rujak, bakso atau siomay lewat.

Sore, abis anak-anak mandi... aku biarin mereka main sendiri... sementara aku nonton TV nyari film-film seri kesukaanku dan sambil ngawasin si Mbak yang nyiapin makan malem buat sang arjuna.

Malem, cek PR, cek makanan adalah yang aku lakukan sebelum memenuhi janji temen-temen yang pengen chatting lagi. Maklum, mereka hanya punya "me-time" di malam hari, jadi ya harus bisa adaptasi.

So pastinya my stress level lebih rendah laaah dibandingkan dengan yang hanya punya "me-time" 3 jam tadi... tapi, hanya masalah mind set aja... if you're fine with it, dan pinter atur waktu 24 jam supaya tetep produktif, jempol untuk Anda...

Tapi, aku suka dengan manajemen waktuku... it suits me so well...

-si ndy-